Rabu, 16 November 2016

PROGRAM KERJA DAN KEGIATAN TAHUN 2017

 


 PROGRAM KERJA DAN KEGIATAN TAHUN 2017
FORUM MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN KECAMATAN DAYEUHKOLOT
A.    Internal    :
Sebagai organisasi yang bersifat kekeluargaan,  Forum Masyarakat Peduli Lingkunagn Kecamatan Dayeuhkolot akan selalu membutuhkan komitmen dari seluruh anggotanya untuk berperan aktif mengembangkan dan membesarkan lembaga yang baru tumbuh ini. Meskipun hubungan-hubungan yang tercipta dalam aktifitas kita selama ini bersifat formalistik, kiranya hal tersebut tidak menyempitkankan arti formalitas, terutama terkait dengan kegiatan sosial kemasyarakatan .
Dalam mengapresiasi tujuan lembaga ini, kiranya ada beberapa poin yang perlu dikaji bersama :
·       Membangun komunikasi, informasi dan partisipasi yang dibina dari dalam.
·      Perlu ditumbuhkan rasa kebanggaan pada diri anggota terhadap organisasi.
·      Bersikap aktif, berdedikasi tinggi, berprestasi serta responsif terhadap program organisasi.
B.     Eksternal  :
      1.     Bulan Januari – Bulan Mei 2017
a.      Persiapan dan penyebaran Proposal Bulan Bakti Forum 
Masyarakat Peduli Lingkungan Kecamatan Dayeuhkolot
b.      Rencana Kegiatan Bulan Bakti :
1. Revitalisasi saluran air/ gorong-gorong
Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembalikan fusngsi saluran air dan gorong-gorong sebagaimana mestinya dengan cara pengerukan lumpur atau sampah yang menyebabkan pendangkalan.
2.Pemasangan Tong Sampah di 100 (seratus) titik yang berada di ruas jalan utama  Desa Dayeuhkolot.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyediakan sarana pembuangan sampah untuk warga masyarakat Desa Dayeuhkolot dan untuk membiasakan para warga masyarakat untuk membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan

3. Renovasi Tempat Pembakaran Sampah di 3 (tiga) RW di Desa Dayeuhkolot
Kegiatan ini dimaksudkan agar tempat pembakaran sampah lebih efektif dan bisa   menampung sampah dari RW lain yang tidak mempunyai tempat pembakaran sampah.

4. Pengobatan Gratis untuk 300 orang
Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat.

5. Pemberian Sembako untuk 120 Orang Kaum Dhuafa
Kegiatan ini dimaksudkan untuk sedikitnya membantu meringankan beban warga masyarakat Kecamatan Dayeuhkolot yang kurang mampu,

6. Pendidikan dan Latihan Penanggulangan Bencana
Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja para Ketua RW, Anggota Satuan Linmas dan para generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna dalam mengantisipasi bahaya banjir, mengevakuasi warga, mendata para warga, mengatasi permasalahan/kebutuhan warga saat banjir, serta dalam bidang penyampaian pengajuan  bantuan, penerimaan bantuan serta penyaluran bantuan.

7. Pemberian santunan untuk 60 anak yatim piatu/yatim dan piatu
Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu anak-anak yatim piatu/yatim atau  piatu.

8. Pemberian Ungkapan Tanda terima kasih kepada para veteran/janda veteran di  Kecamatan Dayeuhkolot
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ungkapan dan ucapan terima kasih dari warga masyarakat Kecamatan Dayeuhkolot atas jasa-jasa para pejuang yang masih hidup ataupun para jandanya yang telah berjuang merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia.

9. Pemberian Penghargaan kepada warga masyarakat yang peduli akan sesama dan lingkungan hidup
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ungkapan dan ucapan terima kasih warga masyarakat Kecamatan Dayeuhkolot atas partisipasi mereka dalam kegiatan masyarakat dan kepekaan serta kepedulian akan lingkungan disekitarnya.

10. Panggung Bulan Bakti
 Kegiatan ini dimaksudkan sebagai acara  puncak sekaligus penutup dari rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan dan juga sekaligus untukpemberian tanda ucapan terima kasih kepad pihak-pihak yangh telah membantu terselenggaranya kegiatan Bulan Bakti Forum Masyarakat peduli LingkunganKecamatan Dayeuhkolot pada tahun 2017, sekaligus pelaksanaan acara/kegiatan  Pemberian Ungkapan Tanda terima kasih kepada para veteran/janda veteran di Kecamatan Dayeuhkolot dan Pemberian Penghargaan kepada warga masyarakat yang peduli akan sesama dan lingkungan hidupPesreta Kegiatan ini adalah seluruh warga masyarakat Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung


2.   Bulan Mei – Juli
 1.  Bekerja sama dengan Yayasan Al-Fawwaz Al-Islami Mengadakan Pesantren Kilat untuk anak-anak warga masyrakat Desa Dayeuhkolot dari tanggal 27 Mei – 23 Juni 2017
 2. Mengadakan Buka Bersama Anak Yatim/Piatu dan Kaum Dhuafa pada hari Minggu,     tanggal 15 Juni 2017.
  3.   Mengadakan Silaturrahim pada hari Minggu, tanggal 16 Juli 2017

                        3. Bulan Agustus - Desember        
   1. Peringatan Hari Kemerdekaan dengan mengadakan kegiatan kemasyarakatan
        Dan lomba-lomba yang melibatkan masyarakat baik itu anak-anak, pemuda/i
        dan orangtua baik itu laki-laki maupun wanita.
   2.  Bekerja sama dengan Yayasan Al-Fawwaz Al-Islami :
  a.   Menyambut hari Raya Iedul Adha Fawwaz Al-Islami mengadakan Pembagian Seribu       Kupon Daging Hewan Qurban bagi para kaum dhuafa yang berhak mendapatkannya
  b.   Mengadakan Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah
  c.     Mengadakan Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Maulid Nabi
  3. Membuat Laporan dan menyerahkan Pertanggungjawaban Forum Masyarakat Peduli   Lingkungan tahun 2017 kepada pihak-pihak terkait.

 Demikian Susunan Program Kerja dan rencana Kegiatan Forum masyarakat Peduli Lingkungan tahun 2017 ini disusun dengan asas mufakat untuk kepentingan masyarakat Kecamatan Dayeuhkolot pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Bandung pada umumnya.
Semoga apa yang kami susun dan rencanakan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, dan ini semua tidak lepas dari dukungan semua pihak baik itu instansi pemerintahan, pihak swasta dan masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar